Ilmukuilmumu

Amalkan apa yang telah kau pelajari, karena itulah sesungguhnya ilmu yang kau miliki

PROSPEK INDUSTRI BISNIS GAME DI INDONESIA

on November 1, 2009

PROSPEK INDUSTRI BISNIS GAME DI INDONESIA

Sebuah pertanyaan yang terkadang terlintas dalam pikiran kita, yaitu “Apakah kita bisa menghasilkan sejumlah uang yang banyak dari sebuah hobi yang sering kita lakukan ?” pertanyaan diatas dapat kita jawab bahwa hal tersebut mungkin saja bisa terjadi bahkan kemungkinannya sangat besar. Berawal dari sebuah hobi atau sesuatu yang kita senangi yang setiap saat kita lakukan terkadang akan memunculkan sebuah ide kreatif dan imajinatif yang luar biasa, yang apabila kita salurkan pada suatu hal yang positif kemungkinan kita bisa menambang uang darinya.

Setiap orang pasti memiliki hobi atau senang melakukan suatu kegiatan, misalnya memelihara binatang, berolah raga, menulis artikel, atau bahkan bermain game. Telah banyak kisah sukses dari orang-orang yang mampu menyalurkan hobinya menjadi peluang bisnis yang akhirnya bisa menghasilkan sejumlah uang. Berawal dari hobi memelihara suatu binatang misalnya memelihara ikan hias seseorang dapat mengasilkan omset pendapatan sampai dengan ratusan juta perbulannya. Berawal dari sebuah hobinya berolahraga seseorang bisa menjadi atlet professional yang nantinya bisa mendapatkan uang dari pihak-pihak yang mensponsorinya. Berawal dari rajinnya menulis artikel, seseorang bisa menjadi penulis yang sukses dan bisa mendapatkan sejumlah royaliti dari buku-buku yang telah ditulisnya. Dari hobi bermain game lahir sebuah pertanyaan, apakah bisa berawal dari hobi bermain game kita bisa menghasilkan uang? Jawabannya tentu bisa, hal tersebut kemungkinannya sangat besar dengan kita melihat bagaimana prospek atau peluang bisnis game di tanah air ini.

Siapa yang tidak kenal dengan istilah game, mungkin semua orang sudah sangat kenal dengan istilah yang satu ini. Game adalah sebuah permainan yang dapat menguji kemampuan kita dalam berfikir, melatih kita bagaimana memecahkan sebuah permasalahan, serta mampu melatih bagaimana kita bisa mengendalikan emosi kita yang semuanya dikemas dengan cara menarik dan menyenangkan. Telah banyak jenis game yang telah diproduksi baik itu buatan lokal maupun buatan luar negeri, mulai dari game yang sederhana yang kita mendapatkan tanpa harus membelinya sampai dengan game yang sangat kompleks yang kita harus membelinya dengan sejumlah banyak uang. Game merupakan hasil buah karya yang kreatif dari seseorang, bagaimana orang tersebut menuangkan ide dan imajinasinya pada sebuah permainan dan dengan cara kreatif orang tersebut mengemasnya sehingga game yang dibuatnya bisa diterima oleh orang banyak.

Sebenarnya bagaimana peluang dan prospek industri bisnis game di tanah air ini. Tergolong dalam bidang industri apa dan bagaimana analisis SWOT dari bisnis game ini. Dalam pengkasifikasinnya industri game termasuk kedalam industri kreatif. Industri kreatif adalah Industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu. Banyak sub sektor yang termasuk kedalam industry kratif ini, diantaranya : perikanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fesyen, video film dan fotografi, permainan interaktif, music, seni pertunjukkan, penerbitan dan pencetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, dan yang terakhir riset dan pengembangan.

Beberapa aspek yang sangat berpengaruh dalam pengembangan sebuah bisnis industri game yang termasuk dalam industri kreatif, yaitu : Sumber Daya Manusia (SDM), Industri, Teknologi, Institusi, dan Finansial (Sumber dana). Jika kita analisis satu persatu dengan anlisis SWOT pada tiap aspek diatas adalah sebagai berikut :

–          Sumber Daya Manusia

Kekuatan : Mulai tumbuhnya SDM kreatif dan mulai mendapatkannya apresiasi dari khalayak lain, Kelemahan : Masih belum menjadi konsen atau fokus pemikiran dan masih kurangnya tenaga kreatif untuk dijadikan pondasi. Kesempatan : Potensi dan talenta dari SDM jika difasilitasi dan peluang untuk belajar dari SDM asing. Ancaman : persaingan penghargaan SDM asing dan local yang akhirnya banyak SDM local yang pergi.

–          Industri

Kekuatan : Jalur distribusi fisik dan koneksi virtual baik serta sebagian industri berbentuk jasa, Kelemahan : kualitas infrastruktur masih rendah dan daya tawar distributor lebih besar disbanding produsen. Kesempatan : keunggulan dan potensi pasar domestic masih besar. Ancaman : Kekuatan harga, mutu dan persaingan dengan produk asing.

–          Teknologi

Kekuatan : pertumbuhan sektor teknologi informasi yang semakin pesat. Kelemahan : lemahnya penguasaan teknologi dalam bidang industri kreatif. Kesempatan : semakin terbukanya akses akan teknologi informasi. Ancaman : Maraknya pembajakan menyebabkan kekhawatiran dari pelaku asing.

–          Institusi

Kekuatan : Dukungan pemerintah dalam bentuk kebijakan dan aturan untuk pengembangan industry kreatif. Kelemahan : Kurangnya apresiasi masyarakat terhadap industri kreatif. Kesempatan : Pengembangan konten lokal yang dikemas secara kreatif untuk pasar luar negeri. Ancaman : Lemahnya perlindungan HAKI.

–          Finansial / Sumber Dana

Kekuatan : Bantuan pemerintah dalam pemberian kredit pada UMKM. Kelemahan : Belum ada skema pembiayaan yang sesuai dengan industry kreatif. Kesempatan : Semakin banyaknya lembaga-lembaga pemberi kredit kepada UMKM. Ancaman : Kekuatan harga dan mutu serta kekuatan inovasi produk asing.

Dengan analisis SWOT diatas, kita bisa memulai dan merencanakan ketika langkah apa yang akan kita ambil ketika kita ingin mulai berbisnis pada industri kreatif ini.

Bagaimana cara kita mengembangakan indusri kreatif khsusunya pada bidang industri game lokal di tanah air ini, diantaranya adalah dengan membangun sentra pendidikan gamedev atau game development. Membangun game dengan konten lokal dengan menciptakan karakter-karakter tokoh dalam negeri. Serta diimbangi dengan giatnya merangkul frencise dari luar.

Beberapa kita dalam mengembangkan gamedev local, diantaranya adalah berpartisipasinya pihak akademisi atau kampus. Berpartisipasinya komunitas-komunitas gamedev kecil untuk bisa bergabung. Serta berpartisipasinya pemerintah dalam menjembatani antara pihak akademisi dengan pihak gamedev dalam pengembangan industry game kearah yang lebih spesifik.

Bisakah industri game lokal bisa berkembang dan maju, hal ini kita bisa kaitkan dengan beberapa factor. Diantarannya, perkembangan dunia game sangat pesat. Indonesia secara tidak langsung terpengaruh. Namun hanya butuh waktu untuk membuka mata pemerintah akan hal itu, Butuh kerja keras dan konsistensi untuk meyakinkan beberapa pihak. Buat produk yang unggul untuk pasar lokal dan luar. Serta gunakan jurus jemput bola artinya kita harus berperan aktif dalam industry game ini bukan menjadi pihak yang pasif.

Kesimpulan :

–          Peluang besar tapi butuh kiat atau usaha yang maksimal, bisa belajar dari para gamedeveloper yang telah sukses.

–          Membangun hubungan dunia bisnis itu adalah hal penting dalam mengembangakan dunia industry kreatif.

Kita harus bisa berfikir global walaupun kita tinggal dilokal. Hal ini memiliki arti bahwa produk yang kita buat harus memiliki kualitas yang bisa bersaing di pasar global.

Materi Kuliah Kapita Selekta : 10-Oktober-2009

Oleh : Syafrizal Ikram, SE., MSi., Ak.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: