Ilmukuilmumu

Amalkan apa yang telah kau pelajari, karena itulah sesungguhnya ilmu yang kau miliki

YUK MEMBUAT GAME

on November 1, 2009

YUK MEMBUAT GAME

“Yuk Membuat Game…!”, mungkin kata-kata tersebut terasa asing terdengar ditelinga kita, biasanya kita hanya mendengar kata-kata “Yuk bermain game…!”. Mungkinkah kedepannya kita akan sering mendengar kalimat ajakan yang pertama yaitu ajakan untuk membuat game dibanding kalimat ajakan yang kedua yaitu ajakan untuk bermain game. Ada beberapa hal yang melatar belakangi ketika kita ingin membuat sebuah game. Diantaranya, bisa dikarenakan hanya berasal dari sebuah hobby, ingin menguji kemampuan kita dalam programming, atau bahkan ingin membuat sebuah industri game sendiri. Sebelum kita lebih jauh untuk membuat sebuah game, alangkah baiknya kita mengetahui sejarah dan fakta tentang perkembangan game itu sendiri dan bagaimana persiapan game itu dibuat

  1. 1. Sejarah perkembangan Game

Setiap tahunnya perkembangan game semakin meningkat, hal ini ditandai dengan begitu banyaknya jenis game yang ada sekarang ini. Mulai dari game yang mempunyai konsep yang sederhana sampai game yang memiliki konsep yang rumit dan kompleks. Dahulu kita pernah kenal dengan game yang diberinama Pac Man, game tersebut memiliki konsep yang sederhana, dimana kita sebagai player (pemain) hanya dituntut untuk memakan habis seluruh makanan yang berada di jalur yang harus dilewati dalam sebuah ruangan, dan tidak boleh bertemu dengan sejumlah monster yang ada didalam ruangan. Selain memiliki aturan yang sederhana game ini juga memiliki desain grafis dan efek sound yang sederhana. Pada saat ini telah banyak bermunculan game yang memiliki kompleksitas yang tinggi, baik itu dilihat dari game rule (aturan main), desain grafis, maupun efek sound system nya. Bahkan sekarang ini sudah banyak game yang bisa dimainkan secara online. Pada perkembangannya game tidak hanya berkembang secara softwarenya saja melainkan dengan alat bantu (tools) nya, kita sering mendengar apa yang disebut dengan game console. Game console adalah sebuah alat (tools) yang didesain dan dibuat khusus untuk memainkan game. Secara lengkapnya perkembangan Game console sebagai berikut :

Sejarah era 1970an. Diawali dengan perusahaan Magnavox Odessey yang membangun game console pertama pada tahun 1972, dikarenakan teknik marketing yang buruk maka perusahaan ini tidak bias bertahan lama dan akhirnya gulung tikar. Pada tahun 1975 Atari Pong console diperkenalkan dan akhirnya bias sukses, Atari pong ini dijadikan prototype dari berbagai versi, Atari juga dikenal sebagai pioneer pada home gaming console. Pada tahun 1976 perusahaan Coleco memperkenalkan game console yang baru yang diberinama Telstar. Pada era ini banyak perusahaan-perusahaan game console yang memperkenalkan produk-produknya tapi kebanyakan dari mereka banyak yang tidak sukses.

Sejarah era 1980an. Pada tahun 1985 perusahaan Nintendo Entertaintment  System (NES) mengawali debutnya, tapi banyak  masalah yang dialami perusahaan ini pada awal debutnya. Perusahaan ini banyak dikritik karena dinilai produknya tidak handal, sehingga produk-produknya harus ditarik dari pasaran dan harus diperbaiki, oleh karena itu popularitas dari  perusahaan ini mengalami penurunan. Pada tahun 1986 Perusahaan Sega Master System (SMS) direlease untuk bersaing dengan NES. Jika dibandingkan dengan NES, produk yang dikeluarkan oleh SMS dinilai lebih baik namun game nya tetap dinilai masih kurang populer. Teknologi SMS dibuat portable dan digunakan Sega Game Gear pada tahun 1991.

Sejarah era 1980an dan 1990an. Nintendo produsen console utama dan Sega yang menjadi saingan utamanya. Sekuel ke SPN, SMS dan Sega Genesis  dirilis pada tahun 1980an dan 1990an. Pada tahun 1995 Perusahaan Sony mengawali kiprahnya dengan mengeluarkan produk Play Station. Awalnya produk ini add on pada Nintendo. Dikarenakan tidak adanya kesepakatan dengan Nintendo akhirnya Sony berkembang dan berdiri sendiri.

Sejarah era 200an sampai dengan sekarang. Pada tahun 2001 Microsoft bergabung dalam persaingan dunia game console, pada tahun tersebut Microsoft mengeluarkan produknya yang diberi nama Xbox. Sampai dengan sekarang Microsoft merupakan kompetitor utama dibidang game console. Sampai saat ini terdapat tiga model console utama, yaitu Nintendo wii yang direlease pada tahun 2006, Sony PS3 yang direlease pada tahun 2006, dan Microsoft Xbox 360 yang direlease pada tahun 2005.

  1. 2. Berbagai fakta tentang dunia Game

Fakta mengenai keuntungan (profit) yang didapatkan dari penjualan Game console. Banyak produk yang saling bersaing untuk menempatkan dirinya pada posisi teratas dalam penjualannya. Mulai tahun 2000 sampai dengan prediksi ditahun 2011. Beberapa produk tersebut diantaranya Microsoft Xbox 360, Microsoft Xbox, Sony Playstation 2, Nintendo Wii, Nintendo Game Cube, Sega DreamCast, dan Sony PlayStation 3. Profit yang didapatkan mereka bisa mencapai $14.000 /m. Penjualan Game pada tahun 2007, Wii semakin popular dan menjadi best selling. Wii Sport terjual sampai dengan 7,3 juta unit. Wii Play terjual sampai dengan 4,3 juta unit. Dan Super Mario Galaxy terjual sampai dengan 2.5 juta unit.  Judul menarik lainnya diantaranya, Halo 3 terjual $170 juta pada hari pertama diluncurkan. Call of Duty 4 modern warefare terjual lebih dari 7juta copy diinternet. Fakta mengenai berbagai jenis game yang ada pada tahun 2007 dan 4 jenis game yang paling popular dan banyak dimainkan pada tahun tersebut. Ada beberapa jenis game yang ada sekarang ini. Diantaranya, Strategy, Adventure, Fighting, Family Entertaintment, Rule Playing, Shooter, Racing, Sport Game, Action, Flight, Arcade, Children’s Entertaintment, dan Other game/compilation.  Yang menempati 4 terpopuler adalah Action, Family Entertainment, Sport Game, dan Shooter. Penjualan Game pada tahun 2008. Wii mulai mendominasi tangga top selling. Wii sport terjual sampai dengan 6,4 juta unit. Super Smash Bros Brawl terjual sampai dengan 5,1 juta unit. Mario Kart Wii terjual sampai dengan 3,4 juta unit. Wii Play terjual sampai dengan 3,2 juta unit. Wii Fit terjual 2,7 juta unit. Dan Guitar Hero III, Legend Of Rock terjual sampai dengan 1,3 juta unit. Game Action Shooter popular diantaranya : Grand Theft Auto IV terjual 3.9 juta unit dan menghasilkan lebih $500 juta pada minggu pertama , Call of Duty 4: Modern Warfare terjual 1.8 juta unit, Call of Duty 4: Modern Warfare terjual 1.8 juta unit. Demografi secara keseluruhan sebaran konsumen Game, contohnya di amerika terdapat sebanyak 65% pengguna game adalah rumah tangga, dan sebanyak 38% rumah memiliki game console sendiri. Profil pemain rata-rata usia 35 tahun, dan rata-rata pemain dewasa telah bermain game selama 13 tahun. Terdapat fakta menarik bahwa tidak hanya anak-anak yang bermain game tetapi orang lanjut usiapun masih banyak yang bermain game. 25% usia pemain dibawah 18 tahun, 49% pemain antara usia 18 tahun – 49 tahun, dan 26% pemain diatas usia 50 tahun. Demografi gender. 40% pemain adalah perempuan dan sisanya 60% adalah pemain laki-laki. Persentase perempuan naik dari 33% ke 38% dalam 5 tahun terakhir ini (2008). Maniac game untuk laki-laki rata-ratanya 15 tahun, dan untuk perempuan rata-ratanya sekitar 12 tahun.

  1. 3. Persiapan membuat Game

Langkah awal untuk membuat game adalah Fokus terhadap beberapa hal diantaranya adalah membangun tim, membuat ide, dan tahap pembuatannya sendiri yaitu Analisis, densain, development, dan testing. Dalam membangun sebuah tim ada dua tim utama yang harus ada, yaitu Game production dan Quality Assurance. Dalam Game production ada beberapa bagian lagi yaitu Desain Part, Programming Part, Art Part, Audio Part, Management Part. Desain Part terdiri dari Game desainer (Core Mechanism/Game Play, Game World), Level Desainer (Maps, Mission), dan Game Writer. Programming Part terdiri dari Game Programmer, Specialization, dan Skill. Art Part terdiri dari Concept Artist, 2D Artist, 3D Modeller, Texture Artist dan Animator. Audio Part terdiri dari Voice over, Sound Effect, dan Music. Manajemen Part terdiri dari Game Producer.

Materi Kuliah Kapita Selekta : 5-September-2009

Oleh : Agung Toto Wibowo, MT.

Agung Toto Wibowo, ST. MT

//


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: