Ilmukuilmumu

Amalkan apa yang telah kau pelajari, karena itulah sesungguhnya ilmu yang kau miliki

COMPUTER ARCHITECTURE (THE FUTURE DIRECTION)

on December 25, 2009

Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang sekarang ini sedang mengalami perkembangan yang begitu pesat, perkembangan tersebut ditandai dengan beralihnya fungsi komputer, yang pada awalnya (generasi pertama) komputer hanya dijadikan sebagai alat untuk melakukan proses perhitungan sederhana, berkembang sampai dengan komputer sekarang (generasi sekarang) komputer yang memiliki segala fungsi. Tapi terkadang kita tidak mengetahui sebenarnya seperti apa computer itu bekerja untuk memproses suatu data. Computer memiliki arsitekturnya sendiri untuk bekerja dalam memproses suatu data.

Arsitektur komputer adalah sekumpulan arsitektur instruksi yang digabungkan dengan organisasi dari sebuah mesin. Kumpulan instruksi merupakan alat penghubung komunikasi antara software dengan hardware. Kumpulan instruksi tersebut terdapat dalam sebuah bahasa pemrograman.

Terdapat dua istilah mengenai kumpulan instruksi  yaitu ISA (Instruction Set Architecture) dan ABI (Application Binary Interface), ISA merupakan arsitektur abstrak antar muka antara hardware dan software tingkat rendah yang mencakup semua informasi yang diperlukan untuk menulis sebuah program bahasa mesin, termasuk instruksi, register, akses memori, I/O, memungkinkan penerapan berbagai biaya dan kinerja untuk menjalankan perangkat lunak identik. ABI merupakan kombinasi dasar set instruksi (ISA) dan antar muka system operasi disebut biner aplikasi antar muka. Kombinasi dasar set instruksi (ISA) dan antar muka system operasi disebut biner aplikasi antarmuka,selain daripada itu ABI merupakan bagian pengguna set instruksi sistem operasi ditambah beberapa antarmuka yang digunakan oleh programmer aplikasi yang mendefinisikan sebuah standar untuk portabilitas biner di semua komputer. Dengan  adanya kumpulan instruksi memungkinkan user untuk membuat sebuah program aplikasi dengan memperhatikan management  memory yang baik.

Teknologi dardware komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal tersebut tidak diimbangi dengan perkembangan sofware sehingga pemanfaatan hardware kurang begitu optimal, misalnya saja apabila kita menbuat sebuah program aplikasi sederhana dalam sebuah motherboard yang memiliki 4 core di dalamnya, kita tidak bisa menentukan program aplikasi tersebut dapat ruuning dengan optimal dengan menggunakan 1 core, 2 core, 3 core, atau 4 core, oleh karena itu sampai sat ini belum ada sofware yang dapat  menanggulangi permasalahan tersebut

Pemahaman terhadap arsitektur komputer yang baik merupakan langkah awal yang baik ketika kita ingin membuat sebuah system atau program aplikasi. Karena dengan kita mengetahui dan memahami computer itu bekerja kita akan bisa membuat suatu system yang handal dan akan memiliki performansi program yang baik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: