Ilmukuilmumu

Amalkan apa yang telah kau pelajari, karena itulah sesungguhnya ilmu yang kau miliki

TREND (Technology, IT, Life Style, Business, etc)

on November 1, 2009

TREND (Teknologi, TI, Gaya Hidup, Bisnis, dll)

Peradaban dunia dan umat manusia dari masa ke masa mengalami perkembangan dan perubahan, mulai dari zaman manusia pra-sejarah sampai pada era manusia modern sekarang ini. Banyak faktor yang mempengaruhi begitu capatnya peradaban dunia dan manusia ini berkembang, salah satunya dipengaruhi oleh semakin pintarnya manusia dalam berfikir. Kembali kepada sifat dasar seorang manusia bahwa manusia tidak akan pernah puas akan apa yang telah ia dapatkan atau apa yang ia telah buat, dia akan selalu senantiasa menggali hal-hal baru yang mampu membuat dirinya berkembang lebih baik. Oleh karena itu akan selalu timbul tren baru dalam setiap masa.

–          Era Agrikultur : Era ini berkembang pada abad ke-18, pada era ini tren yang sedang berkembang dalam kehidupan adalah era pertanian dan perkebunan. Terdapat ungkapan bahwa “Siapa yang menguasai bidang pertanian dan perkebunan maka dia yang akan menguasai dunia”. Oleh karena itu pada masa ini banyak negara-negara yang memiliki kekuatan militer melakukan gekspansi kekuasannya kepada Negara-negara kecil yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Contoh nya, banyak Negara-negara Barat yang melakukan ekspansi terhadap Negara-negara dunia ketiga dikawasan Asia dan Afrika yang dinilai memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah.

–          Era Industri : Era ini berkembang pada abad ke-19, pada era ini timbul tren yang baru yaitu tren masyarakat industri. Berawal dari lahirnya revolusi industri di inggris yang menyebabkan tren ini diikuti oleh nnegara-negara yang lain. Pada era ini timbul ungkapan bahwa “Siapa yang menguasai bidang industri maka dia yang akan menguasai dunia”.

–          Era Informasi : Era ini berkembang pada abad ke-20, pada era ini manusia sudah mulai mengalami perubahan tren, berubah dari masyarakat industri kepada masyarakat informasi. Tidak lagi bercocok tanam dan berproduksi (industry) melainkan mendapatkan dan mengelola informasi secara itulah yang sedang menjadi tren. Informasi begitu sangat penting dan dianggap hal yang paling fundamental (mendasar) pada era ini. Terdapat ungkapan “Bahwa siapa yang menguasai bidang informasi di era ini maka dialah yang akan menguasai dunia”. Era ini berkembang seiring dengan perkembangan dunia teknologi informasi, telah banyak bermunculan produk-produk dalam bidang teknologi informasi yang menyebabkan pertukaran informasi setiap orang semakin mudah. Orang bisa dengan mudah menjalin hubungan walaupun dipisahkan oleh tempat yang begitu jauh. Dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi maka semakin berkembangnya pola pikir manusia yang menyebabkan pola kehidupanpun akan semakin baik.

–          Era Konseptual : Era ini berkembang mulai abad ke-21 sampai dengan sekarang. Pada era ini manusia sudah beralih pandangan dalam berfikir. Pada era ini orang beranggapan bahwa orang yang maju bukan hanya sekedar mempunyai dan menguasai bidang informasi akan tetapi orang yang memiliki konsep yang lebih baik daripada orang-orang disekelilingnya. Oleh karena itu, pada era ini banyak orang yang saling berlomba untuk menciptakan sebuah konsep atau pemikiran baru dalam melakukan sesuatu. Oleh karena itu timbulah tren baru dalam bidang teknologi, teknologi informasi, gaya hidup, maupun bidang bisnis.

Akhir-akhiri ini tren yang sedang berkembang adalah tren pada dunia pengaksesan teknologi Broadband. Tren ini berkembang diakibatkan kebutuhan manusia dalam kemudahan berkomunikasi dan mendapatkan sesuatu informasi dengan cara yang mudah. Teknologi broadband memiliki dua cara dalam cara pengaksesannya, yaitu dengan menggunakan Cable Broadband Access (XDSL, Optic) dan menggunakan Wireless Broadband Access (HSDPA, USDPA, LTE, EVDO, Wifi, dan Wimax). Telah banyak produk-produk teknologi pengaksesan yang sekarang ini beredar secara luas di masyarakat.

Dengan infrastuktur teknologi komunikasi dan informasi yang semakin baik, hal ini menyebabkan bidang pelayanan pun mengalami perubahan tren. Beberapa area dalam bidang pelayanan yang mengalami perubahan tren adalah layanan  komunikasi, layanan hiburan, dan layanan gaya hidup. Dalam layanan komunikasi berkembang mulai dari teknologi VoIP, Tele-Working, sampai dengan sekarang teknologi Videophone. Dalam layanan hiburan berkembang teknologi IPTV, VOD/PVR, Music, Photo, dan Games. Dalam layanan gaya hidup berkembang tren pelayanan domestik, pelayanan informasi, dan tren dalam dunia pendidikan.

Terdapat enam faktor yang mempengaruhi peran teknologi informasi dalam mentransformasi kemampuan. Diantaranya adalah Kecepatan untuk bisa melakukan proses yang real time, Efisiensi biaya dalam lingkup transaksi, energy, dan operasional, Ruang lingkup layanan yang harus semakin menjangkau, Kreatifitas yang dimiliki oleh setiap orang yang mungkin bisa dikombinasikan menjadi suatu ide kreatif bersama, Berbagi ilmu pengetahuan sharing media, dan flexibility terhadap suatu perubahan.

Fenomena E-Life Style :

–          Aplikasi Web 2.0 yg memungkinkan setiap orang menjadi Prosumer (Producer + Consumer) scr mudah & instan

–          Aplikasi WEB Multimedia dan interaktif : Video website, Social Network, mendorong promosi Many-to-Many yg lebih efektif dan murah daripada iklan konvensional

–          Bisnis RBT lebih menguntungkan daripada Penjualan Kaset & CD

–          Larisnya penjualan Gadget yg memungkinkan always Connected (Blackberry, Nokia, SonyEr, Laptop Netbook)

–          Fenomena Air-Asia, pesan on-line 1 tahun sebelum terbang

Life Style Tren

–          TREND : Mengikuti ? Memprediksi ? Membuat Trend Baru ?

–          Riset Pasar, mencari “The Most Wanted Thing” -> Memprediksi Trend

–          Inovasi & Kreativitas -> Membuat Trend Baru

–          Peluang Niche Market

  • Mudah & Murah belum tentu lebih laris
  • Mahal & Bergengsi belum tentu susah laris

Peluang Bisnis IT

–          TREND : Mengikuti ? Memprediksi ? Membuat Trend Baru ?

–          Riset Pasar, mencari “The Most Wanted Thing” -> Memprediksi Trend

–          Inovasi & Kreativitas -> Membuat Trend Baru

–          Peluang Niche Market

  • Mudah & Murah belum tentu lebih laris
  • Mahal & Bergengsi belum tentu susah laris

Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam membangun bisnis TI

–          Ukuran Market

–          Tren aplikasi dan pelayanan

–          Tren teknologi yang digunakan

–          Tren gaya hidup

Kesimpulan :

“Melihat dunia ini penuh dengan tantangan dan peubahan, jadilah kita sebagai pelaku perubahan tersebut”

“Kreatifitas dan inovasi adalah hal yang penting bagi tren masa datang”

“Berfikir positis akan membuat hidup kita indah”.

Materi Kuliah Kapita Selekta : 17-Oktober-2009

Oleh : Walden R. Bakara ( GM DIVRE III JABAR & Banten)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: